Sabtu, 01 Nopember 2014  WIB
    
>> Home >> Berita >> Analysis

Analysis


Adu Paket Telepon Sesama Operator

29 April 2012 13:00
Terlalu banyak paket telepon sesama nomor operator (on net) dengan harga miring. Saking banyaknya, pelanggan pun dibuat bingung. Sudah waktunya mencari tahu, paket telepon apa yang termurah?

Memasuki tahun 2012, industri telekomunikasi masih kurang bergairah. Belum tampak adanya indikasi pendapatan operator akan kembali pulih, apalagi bombastis seperti di awal era 2000-an. Layanan data berpotensi menjadi mesin pencetak uang baru bagi operator. Namun, meski layanan tersebut terus memperoleh "penggemar" baru, nyatanya laporan kinerja sejumlah operator belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Bahkan, beberapa di antaranya masih mencetak rugi besar.

Tahun ini, tren perang tarif semakin pudar. Operator-operator besar atau incumbent nampaknya tidak akan terjebak lagi dalam fenomena banting tarif. Selain berdampak besar pada menurunnya kualitas layanan, pendapatan perusahaan pun anjlok, terutama layanan suara (telepon) dan teks (SMS).

Sementara itu, pelanggan pun semakin mature. Murahnya perangkat telekomunikasi, seperti handphone, smartphone, sampai tablet, membuat hampir seluruh populasi penduduk di Indonesia mampu memilikinya, bahkan beberapa mempunyai lebih dari satu. Pasca memiliki, permintaan pelanggan beralih pada kualitas layanan yang baik. Ya, pada akhirnya, pelanggan rela merogoh kocek lebih besar untuk mendapatkan kualitas yang lebih mumpuni untuk perangkat mereka.

Tak heran jika belakangan ini operator telekomunikasi di Tanah Air mulai gembar-gembor membenahi infrastruktur. Improvisasi hingga revitalisasi jaringan pun ditempuh demi mengantarkan pengalaman yang lebih baik di sisi pelanggan. Toh, pada akhirnya, jika pelanggan merasa puas lambat laun akan berimbas pada naiknya pendapatan perusahaan dan kinerjanya yang membaik.

Seperti yang dilakukan Axis beberapa waktu lalu. Tepatnya 9 Maret silam. Operator GSM termuda itu menyelenggarakan uji kualitas jaringan komunikasi terbuka pada jaringan HSPA yang baru saja diresmikan di Jakarta dan wilayah sekitarnya. Pengujian dilakukan mulai dari Menara Axis di Kawasan Mega Kuningan - Jakarta hingga ke Tangerang melalui jalur darat. Menurut Aang Koesmanggala, GM National Network Rollout Axis, pengujian ini menjadi bagian dari modernisasi jaringan data Axis menuju HSPA release 7 (14,4 Mbps). Untuk menuju ke sana, perusahaan harus memastikan HSPA release 5 (3,6 Mbps - 7,2 Mbps) yang ada sekarang benar-benar siap.

Tidak hanya Axis, sejumlah operator lain pun melakukan improvisasi serupa pada masing-masing jaringannya. Bagaimanapun, walau dinamika industri yang akan terjadi kian sulit diprediksi, setidaknya, predikat layanan selular terfavorit sampai hari ini masih disandang oleh layanan voice atau telepon. Memang, trafiknya terus menurun seiring bertumbuhnya trafik layanan data (Internet). Sekadar tolak ukur, Telkomsel mencatat penurunan lebih dari 10 juta menit menjadi 936 juta menit di tahun 2010 dari 953 juta menit di tahun sebelumnya.

Sejak fenomena perang tarif sekitar tahun 2005, Indonesia kini tercatat sebagai salah satu negara dengan tarif telepon selular termurah di dunia. Meski menduduki peringkat kedua setelah India, tarif telepon yang berlaku hari ini masih menjadi sorotan. Beberapa waktu lalu, sekitar tahun 2009-2010, tarif telepon di Indonesia pernah tercatat sebagai yang termurah pada harga rata-rata Rp100 per menit, sekarang India lebih murah pada kisaran Rp50-Rp60 per menit. 

Di Indonesia, secara total terdapat 8 operator yang menggelar layanan selular, termasuk Telkom (Flexi), Telkomsel (Kartu Halo, Simpati, Kartu AS), XL Axiata, Indosat (Matrix, Mentari, IM3), HCPT (3), Axis, Bakrie Telecom (Esia), dan Smartfren. Jika melihatnya dalam lingkup global, hampir seluruh operator di atas menawarkan tarif relatif murah dibandingkan negara-negara lain.

Ternyata tarif yang sudah dicap murah itu masih bisa dinikmati lebih murah lagi melalui paket-paket promo telepon. Kali ini redaksi akan membedah tarif tiap-tiap operator satu per satu, khususnya lima operator raksasa yang beroperasi di jaringan GSM, yaitu Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, dan Axis. Setiap operator rata-rata memiliki paket tarif yang menawarkan tarif telepon yang lebih terjangkau. Agar lebih 'apple to apple', maka perlagaan kali ini difokuskan pada tarif telepon sesama nomor operator. Mau tahu siapa yang paling murah? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Simpati
Saat ini, Telkomsel memiliki paket bertajuk Simpati Talkmania bagi pelanggan yang sering menggunakan layanan telepon antarpengguna Telkomsel, baik itu panggilan ke Simpati, Kartu Halo, ataupun Kartu AS. Talkmania sendiri dibagi menjadi 5 paket, yang dibagi berdasarkan wilayah atau regional pelanggan. Paket talkmania yang berlaku untuk seluruh pelanggan Simpati, di luar wilayah yang ditentukan, adalah Talkmania Reguler.

Paket Talkmania Reguler berlaku di Sumatera, Jabodetabek, Jawa, Bali, dan NTB, Kalimantan dan Sulawesi, dan NTT. Dalam paket yang satu ini, pelanggan bisa mendapatkan Talkmania Siang dan Talkmania malam dengan skema waktu dan tarif yang berbeda. Talkmania siang berlaku mulai pukul 01:00 - 18:00 waktu setempat, sedangkan Talkmania malam berlaku mulai pukul 17:00 - 24:00 waktu setempat.

Paket yang bisa ditujukan bagi pelanggan Simpati ini memiliki skema tarif yang berbeda-beda di setiap region. Untuk wilayah Jabodetabek, tarif yang berlaku untuk Talkmania siang adalah Rp2.500 per 100 menit, sementara selama masa Talkmania malam adalah Rp3.000 per 100 menit. Beda halnya dengan tarif yang berlaku di Jawa, Bali, dan NTB. Di tiga wilayah ini, pelanggan cukup merogoh kocek sebesar Rp2.500 per 100 menit pada masa Talkmania siang, dan Rp2.500 per 50 menit.

Jika Anda pelanggan Simpati yang seringkali bertelepon ria, paket ini cocok untuk Anda. Untuk mendaftar paket ini, Anda cukup mengakses *999#, lalu pilih paket Talkmania. Khusus Anda yang berdomisili di Bali, NTB, NTT, dan Mataram, Telkomsel mempunyai tawaran paket khusus, yakni Auto Talkmania dan Talkmania Regional. Untuk info lengkapnya, Anda dapat mengakses www.telkomsel.com/promosimpati.

Kartu AS
Lain Simpati, lain Kartu AS. Walau berada di bawah "bendera" yang sama, Kartu AS mempunyai paket telepon sendiri bagi pelanggannya. Paket telepon Kartu AS yang tak kalah menggiurkan adalah Kartu AS Rp0,-. Sejatinya, ini bukanlah paket promo, melainkan paket yang didapatkan pelanggan setelah membeli kartu perdana "Kartu AS Rp0,-". Artinya, pelanggan Kartu AS lama tidak dapat menikmati skema tarif ini sebelum membeli kartu perdana "Kartu AS Rp0,-".

Setelah aktivasi pertama, pemberlakukan wilayah tarif telepon ke sesama pelanggan Kartu AS dikenakan berdasarkan lokasi di mana pelanggan melakukan panggilan, di mana paket ini dibagi menjadi 10 zona wilayah. Wilayah Jabotabek berada di zona III bersama Situbondo dan NTB (kecuali Lombok). Pada zona ini, pelanggan Kartu AS Rp0 dapat menikmati empat skema tarif yang dibagi berdasarkan waktu.

Selama pukul 00:00 - 05:59 waktu setempat, tarif yang berlaku adalah Rp0 sampai 30 detik pertama, Rp 45/menit untuk 240 detik berikutnya, dan Rp 20/menit untuk seterusnya. Memasuki pukul 06:00 - 10:59, berlaku tarif Rp 1/detik sampai 30 detik pertama, Rp 45/menit untuk 240 detik berikutnya, dan Rp 20/menit sepuasnya.

Di pukul 11:00 - 16:59, pelanggan akan dikenai tarif Rp 1/detik sampai 30 detik pertama, Rp 45/5 detik untuk 45 detik berikutnya, Rp 20/mnt sepuasnya. Sedangkan, pukul 17:00 - 23:59, berlaku tarif Rp 1/detik sampai 5 detik pertama, Rp 70/5 detik untuk 155 detik berikutnya, dan gratis hingga seterusnya.
 

 
XL Axiata
Bagi Anda pelanggan XL yang kerap menelepon dan SMS ke semua kawan atau kerabat yang juga menggunakan nomor operator yang sama, XL menyediakan Paket Akrab (Antar Kawan dan Kerabat). Dengan paket ini, Anda bisa menelepon 100 menit secara gratis setiap hari, plus gratis 100 SMS di hari yang sama. Tapi, Anda harus mendaftarkan paket ini terlebih dahulu, lalu mendaftarkan nomor anggota keluarga, kawan, ataupun kerabat Anda.

Paket Akrab XL terbagi menjadi lima macam berdasarkan jumlah nomor yang didaftarkan dan masa aktif. Jika mendaftar 2 nomor XL milik kerabat, dengan masa aktif 5 hari, maka paketnya diberlakukan tarif Rp5.000. Kalau 2 nomor XL, dengan masa aktif 14 hari, tarifnya menjadi Rp10.000 per paket.

Kalau Anda memiliki 3 nomor kerabat yang menggunakan XL, Anda bisa mendaftarkannya dengan tarif Rp20.000 per 30 hari. Apabila terdapat 5 nomor XL, tarif yang dikenakan adalah Rp50.000 per 90 hari. Dengan paket ini, Anda bisa menghubungi nomor-nomor yang didaftarkan bebas dengan kuota 100 menit per hari. Setelah kuota habis, tarif yang berlaku adalah Rp25 per detik.

Untuk registrasi, pelanggan bisa menempuh dua jalur, yakni melalui UMB *123#, lalu pilih Paket Super Hemat, dan pilih AKRAB. Atau, melalui SMS ke 567, dengan mengetik DAFTAR[spasi]AKRAB1[spasi]nomor kerabat. Contoh: DAFTAR AKRAB1 0817654321. Berbeda dengan Simpati atau Kartu AS, paket yang diusung XL jauh lebih praktis dan tidak hanya berlaku di zona atau wilayah tertentu. Ya, paket telepon ini berlaku untuk seluruh pelanggan XL di Tanah Air, yang berada di jangkauan layanannya.

Sebagai ketentuan, Anda hanya dapat membeli satu paket akrab dalam waktu yang sama. Pendaftaran nomor kawan/kerabat baru dapat dilakukan setelah berhasil membeli paket Akrab. Untuk mengubah nomor kawan/kerabat yang sudah diregistrasi, Anda akan dikenakan biaya Rp 1000/nomor, yang mana maksimum lima kali dalam sehari. Nomor yang didaftarkan akan mendapatkan notifikasi yg berisi informasi bahwa saat ini nomornya sudah didaftarkan oleh Anda. Satu lagi, masa aktif paket mulai terhitung sejak paket dibeli.

Mentari
Indosat boleh dibilang paling agresif di antara semua operator untuk urusan layanan suara. Belum usai promo Mentari Free Talk, operator tertua di Indonesia ini sudah menggeber promo telepon baru lagi, yakni Mentari Obral Obrol. Tapi, kali ini, bukan dua paket itu yang menarik untuk dikenal lebih jauh, melainkan Mentari Hebat Ber-5. Bagaimana dengan tarifnya?

Serupa dengan Paket Akrab milik XL Axiata, Mentari Hebat Ber-5 pun menawarkan tarif terjangkau bagi pelanggan Mentari yang kerap menghubungi nomor Indosat lain sehari-harinya. Tentu promo ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi pelanggan yang sering bertelpon ria dengan sahabat ataupun keluarga.

Dengan program ini, pelanggan dapat menikmati tarif terjangkau saat menghubungi 4 nomor anggota Mentari Hebat Ber-5 (Matrix, Mentari, dan IM3) dengan tarif terjangkau, yakni Rp50/30 detik untuk setiap panggilan lokal (satu kota) antarnomor Mentari Hebat, dan Rp250/30 detik untuk setiap panggilan DLD (beda kota).

Untuk mendaftar, pelanggan tidak dikenai biaya. Caranya, pelanggan dapat mengirimkan SMS ke nomor 6060 dengan format REGNO_1. Contoh: REG 0815123456. Atau, REG 0815100001 0815100002 0815100003 0815100004, kirim ke 6060, untuk registrasi anggota 4 nomor sekaligus. Sewaktu-waktu pelanggan ingin mengubah anggota Mentari Hebat Ber-5, ia cukup mengirimkan SMS ke 6060 dengan format: UPDATENo_LamaNo_Baru. Contoh: UPDATE 0815123456 0815678910.

Program ini dapat dinikmati setiap hari selama 24 jam non stop. Pelanggan hanya dapat melakukan panggilan apabila berada dalam masa aktif. Selain itu, program ini berlaku untuk panggilan dari Mentari Hebat ke nomor anggota Mentari Hebat (Matrix, Mentari & IM3) di seluruh nusantara. Tidak berlaku panggilan sebaliknya. Dan, tidak berlaku untuk panggilan SLI alias sambungan langsung internasional.

IM3
Sedikit berbeda dengan Mentari, IM3 tidak mempunyai promo yang memungkinkan pelanggan menikmati tarif tarif terjangkau saat menghubungi 4 nomor Indosat lainnya. Alhasil, berdasarkan hasil penulusuran HandPHONE, brand yang diasuh Indosat sejak tahun 2001 ini memiliki paket bertajuk "Biang Ngobrol" untuk layanan suaranya.

Paket Biang Ngobrol yang dibesut IM3 ini menawarkan layanan bebas ngobrol siang dan malam. Ngobrol Siang mencakup kurun waktu 00:00 -17:00 waktu setempat setiap harinya. Sedangkan, Ngobrol Malam adalah sisa waktunya, yakni 17:00 - 24:00. Masing-masing sub paket menawarkan skema tarif yang sama. Perbedaannya hanya pada biaya registrasi, yang mana registrasi paket Ngobrol Siang dikenai biaya Rp1.000, sementara Ngobrol Malam adalah Rp1.500.

Sedangkan, tarif yang berlaku untuk Paket Biang Ngobrol ini adalah flat, yakni Rp20 per detik untuk panggilan ke sesama Indosat, dan Rp240 per 12 detik untuk panggilan ke operator lain. Saat terdaftar paket ini, promo Gratis Nelpon Pendek 30 Kali ke sesama Indosat otomatis tidak berlaku.

Untuk mendaftarkan paket ini, pelanggan IM3 dapat mengirimkan SMS ke 303, dengan format NGOBROLSIANG untuk paket Biang Ngobrol Siang, dan NGOBROLMALAM untuk paket Biang Ngobrol Malam.

Kini, Anda bebas memilih. Setiap paket telepon di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cermati tiap-tiap paket yang ditawarkan operator Anda, perhatikan tarif, syarat dan ketentuannya, serta wilayah berlakunya promo tersebut. Setelah itu, pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan selular Anda. Jangan mudah terbuai dengan promo-promo yang akhirnya bisa membuat Anda terjebak. (Muhammad Chandrataruna)




Sumber : Tabloid Handphone


Share |

◄ Kembali ◄            ◄ Kirim Ke Teman ◄            ◄ Cetak Print ◄

Add Your Comment With Facebook



Add Your Comment
Sign In / Log In
Alamat Email
Password
Verifikasi kode:
Pendaftaran | Lupa Password? 

Buyer's Guide

Merek Handset Harga Baru Harga Purna Jual
Nokia 108Rp. 410.000,-Rp. 255.000,-
Nokia 107 Dual SIMRp. 335.000,-Rp. 260.000,-
Nokia Lumia 1520Rp. 7.450.000,-Rp. 6.650.000,-
Nokia Lumia 1320Rp. 4.675.000,-Rp. 3.425.000,-
Nokia XRp. 1.450.000,-Rp. 950.000,-

Arsip Berita

» 2014
  » Januari   » Februari   » Maret
  » April   » Mei   » Juni
  » Juli   » Agustus   » September
  » Oktober
» 2013
  » Januari   » Februari   » Maret
  » April   » Mei   » Juni
  » Juli   » Agustus   » September
  » Oktober   » Nopember   » Desember
» 2012
  » Januari   » Februari   » Maret
  » April   » Mei   » Juni
  » Juli   » Agustus   » September
  » Oktober   » Nopember   » Desember
» 2011
  » Januari   » Februari   » Maret
  » April   » Mei   » Juni
  » Juli   » Agustus   » September
  » Oktober   » Nopember   » Desember
» 2010
  » Nopember   » Desember
Banner Compare

Home   Review   News   Article   Corporaction   Store   Buyer's Guide   Tips   Directory   Print   Mailbox
Copyright © 2010 by selular.co.id, Informasi Handphone Terlengkap. All Rights Reserved