Selasa, 21 Oktober 2014  WIB
    
>> Home >> Review

Cross AT1G - Review

Share |
Zyrex

Salah satu produsen handphone lokal yang namanya kian meroket kini terjun ke dunia tablet dengan meluncurkan Cross AT1G. Dapat terlihat jelas dari tampilannya kalau tablet perdana besutan Cross ini cukup tipis dan ringan.

Desain
Cross AT1G merupakan tablet yang juga berfungsi untuk telefoni. Berbeda dengan tablet biasanya, slot SIM card terletak di bagian bawah, terlindung penutup. Jadi Anda harus membuka bagian bawah cover untuk menyingkap tiga slot yang terlindung. Ya, tablet perdana vendor lokal nomor satu ini mendukung dua kartu sekaligus dan bagian bawah cover belakang bisa dilepas. Posisi dua slot SIM card bertumpuk, sedangkan slot micro SD tepat berada di sampingnya. Kedua kartu bisa aktif bersamaan layaknya handphone dual SIM card. Bukan hanya bertelepon, Anda juga bisa mengakses internet dari SIM card mana saja, atau jalur WiFi.

Pada permukaan depan, tepat di atas layar 7 inci Anda akan melihat speaker telinga untuk keperluan telefoni,yang dikawal dengan kamera depan serta sensor kedekatan. Bagian sisi lain layar tidak dihiasi tombol apa pun. Ukuran bezel hitam tampak lebih tipis di sisi kana dan kiri, tapi agak tebal di bezel atas dan bawah.

Mengusung desain minimalis, sisi sebelah kiri dan bagian kepala polos tanpa dihiasi ornamen. Dua tombol utama yang selalu ada di perangkat Android yakni tombol power dan volume rocker terpampang di sayap kanan body. Sedangkan seluruh akses penghubung diletakkan di bagian bawah seperti lubang micro USB untuk charging dan koneksi PC, lalu ada jack audio 3,5mm, serta mikrofon. Anda juga akan menemukan satu lubang kecil berisi tombol RESET yang hanya bisa dijangkau dengan menggunakan alat bantu seperti peniti untuk meraihnya. Tombol tersebut merupakan alternatif untuk mengatur tablet agar kembali ke seting pabrik.

Seperti yang telah disampaikan, tiga slot kartu tertutup cover belakang. Namun panel belakang tidak bisa dibuka secara keseluruhan, hanya bagian kecil di bawah saja. Serupa dengan desain mayoritas handphone HTC. Jadi pengguna tetap tidak bisa melihat unit baterai yang bersemayam di tablet. lensa kamera ditemani LED flash diposisikan di pusat sebelah atas panel, serta, corong speaker.
 

 
Fitur
Layar lebar pada tablet memang cocok untuk menyaksikan klip secara mobile. Anda bisa masukkan micro SD berisi film atau video dan menontonnya on the go. Cross AT1G bisa memutar file video dengan format popular. Bahkan, Anda bisa menyaksikan video kualitas Full HD dengan cukup lancar. Bermain game HD dengan tingkat grafis cukup berat tidak menjadi masalah di tablet ini.

Tampilan pemutar media baik video maupun audio serupa dengan perangkat Android pada umumnya. Output audio terdengar jernih namun terasa kurang nyaring. Menyesuaikan pengguna tablet Tanah Air, Cross sudah menyumbatkan aplikasi radio FM, jadi Anda tidak perlu mencarinya di toko konten Play Store. Untuk menikmati siaran favorit, Anda diharuskan menancapkan earset ke lubang audio.

Senjata dokumentasi moment atau kamera yang disediakan berkualitas 3Mpix. Sudah dilengkapi LED flash dan autofocus untuk hasil jepret lebih menawan. Bukan satu, di bagian depan juga disediakan lensa kamera untuk keperluan video chat dan video call, berkualitas lebih rendah, 1,3Mpix. Baik kamera depan atau belakang, keduanya bisa untuk merekam video kualitas VGA 640 x 480 piksel.

Untuk keperluan pekerjaan, Cross sudah menyumpalkan aplikasi Kingsoft Office. Anda bisa membaca, mengedit, bahkan membuat baru dokumen. Bukan hanya dokumen word, excel, tapi juga power point. Selain itu, Cross juga menyediakan aplikasi penghubung tablet dengan perangkat input nirkabel yakni keyboard. Jadi Anda bisa lebih leluasa mengetik dokumen di tablet dengan bantuan papan ketik.

Kinerja
Perpaduan antara Android 4.1 Jelly Bean dan prosesor dual-core 1GHZ memang cukup serasi. Terbukti dari kinerja tablet yang cukup mulus dalam menjalankan tugas yang diperintahkan. Meski menjalankan lima aplikasi secara bersamaan, Cross AT1G tidak tampak kepayahan.

Apalagi dua kartu yang disematkan bisa digunakan untuk mengakses data, bukan hanya SIM 1 atau SIM 2 saja. Dengan begitu pengguna bisa leluasa menggunakan kartu di slot mana saja yang masih berlangganan paket data. Atau kalau sedang ‘bokek’, bisa menumpang hotspot di area yang menyediakan WiFi secara gratis.

Cross mengklaim menyematkan baterai berkapasitas 3250mAh pada tablet perdananya ini. Ketika diuji, tablet mampu bertahan satu hari dengan penggunaan maksimal.



Sign In / Log In
Alamat Email
Password
Verifikasi kode:
Pendaftaran | Lupa Password? 

  Kembali

Buyer's Guide

Merek Handset Harga Baru Harga Purna Jual
LG Nexus 5Rp. 4.699.000,-Rp. 4.000.000,-
LG Optimus L1 II Dual E420Rp. 815.000,-Rp. 700.000,-
LG L70 Dual D325Rp. 1.900.000,-Rp. 1.650.000,-
LG L40 Dual D170Rp. 1.250.000,-Rp. 1.025.000,-
LG G Pro 2Rp. 6.750.000,-Rp. 6.000.000,-
Banner Compare

Home   Review   News   Article   Corporaction   Store   Buyer's Guide   Tips   Directory   Print   Mailbox
Copyright © 2010 by selular.co.id, Informasi Handphone Terlengkap. All Rights Reserved