Minggu, 20 April 2014  WIB
    
>> Home >> Review

Nokia Lumia 720 - Review

Share |
Zyrex

Desain
Buat Anda penggemar smartphone Windows Phone, kini ada gadget terbaru yang meluncur ke pasar Tanah Air, yakni Nokia Lumia 720, smartphone berdesain full bar yang berjalan di OS Windows Phone 8. Mengacu pada desain Lumia sebelumnya, Lumia 720 mengandalkan konsep unibody yang tegas. Dengan dimensi 127,9 x 67,5 x 9 mm dan berat 128 gram, Lumia 720 tampak kokoh dan padat, tapi tidak meninggalkan kesan elegan. Selain sisi layar, sekeliling body dilapisi bahan plastik dof berkualitas tinggi. Material yang digunakan pun terbilang ramah lingkungan, berasal dari bahan non PVC serta memanfaatkan konten daur ulang.

Nokia Lumia 720 punya bentang layar IPS LCD berukuran 4.3 inchi dengan kedalaman 16 juta warna. Pihak Nokia menyebut teknologi layarnya dengan istilah True Color, karena memang kualitas layar yang terbilang jernih. Layarnya punya resolusi 480x800 pixels dengan kepadatan pixels 217 ppi (pixel per inch). Sebagai gadget yang mengandalkan multitouch untuk navigasinya, maka layar pun telah dilengkapi pelindung dari Corning Gorilla Glass 2. Layar nampaknya menjadin sesuatu yang diunggulkan, seperti sudah tersedianya solusi super sensitive touch, sensor orientasi, ambient light sensor, sunlight readability enhancement, dan sculpted glass.

Meski desainnya terkesan minimalis, banyak fasilitas yang dibenamkan, pada sisi atas layar terdapat lensa kamera sekunder, lampu LED, sensor cahaya, sensor proximity, dan earpiece. Sementara dibawah layar ada tiga touchpad, masing-masing untuk back, go to Windows home app, dan paling kanan untuk akses ke menu search browser. Beranjak ke bagian belakang (back cover), ada lensa kamera utama dengan tulisan Carl Zeiss, flash light, 3 pin konektor ke docking, dan lubang speaker.

Melihat kesisi kiri body, ada tombol pengatur volume, tombol on/off, pengunci layar, dan tombol shortcut ke menu kamera. Untuk posisi kanan body tersemat slot kartu MicroSD. Slot MicroSD ini hanya dapat dibuka dengan alat khusus untuk menekan tombol, mirip dengan modus pada iPhone 3G. Untuk slot micro SIM berada pada bagian atas, bersebelahan dengan audio jack 3,5 mm. Dan terakhir pada bagian bawah ada port microUSB untuk koneksi data dan charging. Pada bagian bawah juga terlihat adanya lubang mikrofon kecil.

Catatan
Untuk membuka slot micro SIM caranya serupa dengan cara membuka slot microSD card.
 


Fitur
Dengan adopsi Windows Phone 8 ada beberapa poin penting yang diunggulkan dari sisi fitur. Seperti resolusi kamera utamanya yang unik, yakni 6,7 megapixels (2848x2144 pixels) dan kamea sekunder untuk video call yakni 1,3 megapixels. Lensa kamera utamanya telah dilengkapi teknologi besutan Carl Zeiss Tessar lens dengan 4 x zooming. Dengan kemampuan auto focus, flash light dapat memberikan penyinaran optimal sejauh 1 meter. Sementara untuk jarak focus terdekat, dapat menjepet detail obyek dengan jarak minimum 10 cm (macro mode).

Secara umum, menu-menu yang melengkapi kamera mencakup touch focus, landscape orientation, manual exposure, auto/manual white balance, foto editor, backside iluminated sensor, dan panorama. Bicara tentang rekam video, bisa merekam hingga kemampuan HD (high definition ) 1280x720 pixels dengan kecepatan 30 fps. Selama perekaman juga dapat melakukan zoom hingga 4x pembesaran. Menu pendukung dalam rekam video adalah white balance.

Seperti disebutkan dalam lembar spesifikasi, dukungan koneksi di lini selular hingga HSDPA 21 Mbps dan HSUPA 5,76 Mbps. Sementara koneksi jarak dekat telah dilengkapi WiFi dengan standar b/g/n. Kemampuan WiFi dapat menjadi WiFi hotspot yang dapat meng-handle hingga 8 device sekaligus. Selain itu masih ada jalur Bluetooth 3.0 dan microUSB versi 2.0.

Konten multimedia menjadi yang begitu diperhatikan, terutama yang terkait dengan teknologi navigasi yang memadukan kecanggihan GPS, kamera, dan jaringan internet. Seperti ditunjukan dari fitur Here Maps, Here Transit, Here Drive+, dan City Lens. Here Maps adalah ini dari semua layanan lokasi dari Nokia. Memiliki data peta lebih dari 190 negara dalam 50 bahasa dan navigasi di lebih dari 110 negara. Tampilan antarmukanya tak beda jauh dengan layanan peta lainnya, dengan menu-menu yang dibuat khas Windows Phone. Antarmuka 3D-nya semakin bagus memperlihatkan bentuk gedung seperti aslinya. Untuk Here Drive+ menyediakan informasi peta secara umum, aplikasi ini dikhususkan untuk memberi panduan navigasi saat menuju ke lokasi tertentu. Sementara itu Here Transit adalah aplikasi yang menyediakan informasi naik kendaraan umum dari berbagai jenis moda. Saat ini Here Transit tersedia di 670 kota 50 negara, termasuk Jakarta tentunya.

Fitur paling canggih tentunya adalah City Lens, merupakan layanan augmented reality yang memanfaatkan kamera untuk memberikan informasi POI (point of interest) yang berada di sekitar pengguna. Pada dasarnya fitur ini mirip dengan yang ada di aplikasi augmented reality lainnya seperti Layar dan Wikitude.

Catatan
Sayangnya Nokia Lumia 720 tidak dilengkapi fitur FM radio.

Kinerja
Dengan segala kehandalan fitur yang ditampilkan, sayangnya Lumia 720 masih dilengkapi dengan kapasitas RAM 512MB, sebuah spesifikasi yang kini mulai ditinggalkan untuk kelas smartphone terbaru. Semakin besar RAM diketahui sangat berpengaruh pada kinerja multitasking app dan layanan konten flash. Meski demikian, Nokia Lumia 720 sudah dibekali prosesor dual core 1Ghz Qualcomm Snapdragon S4. Dukungan memori internal yang tersedia adalah 8GB dan untuk kapasitas micoSD bisa membaca sampai kapasitas 64GB. Tidak mau ketinggalan dengan kubu Android dengan Google Drive-nya, Windows Phone juga memberi free cloud storage lewat SkyDrive dengan kapasitas free hingga 7GB.

Dari hasil pengujian, kami cukup puas dengan kinerja Lumia 720, beragam fitur dapat berjalan dengan akselerasi yang optimal. Lumia 720 ditenagai baterai lithium ion dengan kapasitas 2.000 mAh. Dari kapasitas tersebut diperoleh waktu siaga hingga 520 jam dan waktu bicara hingga 23 jam dalam moda 2G. Sementara dalam moda 3G, waktu siaga dapat mencapai 520 jam dengan waktu bicara hingga 13 jam. Sedangkan bila digunakan untuk memutar musik, dapat berjalan selama 79 jam, dan bila Anda gunakan terus menerus untuk browsing memakai koneksi WiFi, tersedia waktu sampai 13,4 jam.

Keunggulan lain dari Nokia Lumia 720 yakni dalam hal charging, dimana telah mengadopsi teknologi wireless charging.





Sign In / Log In
Alamat Email
Password
Verifikasi kode:
Pendaftaran | Lupa Password? 

  Kembali

Buyer's Guide

Merek Handset Harga Baru Harga Purna Jual
Lenovo A316iRp. 999.000,-0.00
Mito A68Rp. 1.499.000,-0.00
Xiaomi RedmiRp. 3.500.000,-0.00
Oppo Neo R831Rp. 2.399.000,-0.00
Sony Xperia E1 DualRp. 1.799.000,-0.00
Banner Compare

Home   Review   News   Article   Corporaction   Store   Buyer's Guide   Tips   Directory   Print   Mailbox
Copyright © 2010 by selular.co.id, Informasi Handphone Terlengkap. All Rights Reserved