Minggu, 23 Nopember 2014  WIB
    
>> Home >> Review

Samsung P3110 Galaxy Tab 2 7.0 WiFi - Review

Share |
Zyrex

Desain
Sebelum seri tablet ini muncul di pasaran, Samsung Mobile Indonesia tahun telah meluncurkan Galaxy Tab 2 7.0 dengan kemampuan 3G, atau dalam kode produksinya diberi label P3100. Nah, untuk menyasar pasar yang lebih rendah, dan hanya membutuhkan tablet murni, Samsung kemudian meluncurkan Galaxy Tab 2 7.0 dengan kemampuan WiFi only, dalam kode produksinya diberi label P3110. Dengan perbedaan pada fitur konektivitas tersebut, sudah jelas harga bandrol Galaxy Tab 2 7.0 WiFi berada jauh lebih murah dari saudara kembarnya.

Dirunut darri desainnya Galaxy Tab 2 7.0 WiFi terbilang tipis dan terasa cukup ringan berkat dimensi 193,7x122,4x10,5 mm dan berat 344 gram, sehingga lebih mudah untuk dijinjing. Seluruh bodinya terbalut dari plastik glossy yang memiliki kualitas baik.

Tablet ini memiliki ukuran layar 7 inchi dengan resolusi 600 x 1024 pixel. Seperti tablet Samsung pada umumnya, di Galaxy Tab 2 7.0 WiFi ini turut dibenamkan teknologi PLS LCD sehingga tampilannya cukup tajam walaupun kualitasnya masih di bawah PLS LCD milik Tab 7.0 Plus. Terdapat 5 halaman pada homepage untuk Anda kustomisasi dengan widget-widget aplikasi. Bahkan Anda bisa membuat folder untuk pada tiap-tiap halaman untuk mengumpulkan aplikasi-aplikasi sejenis. 

Saat menjelajahi bagian depan, terdapat kamera sekunder, sensor proximity, dan earpiece. Namun, tidak ada kehadiran tombol di bagian muka, ini karena sudah mengusung sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Lalu pada bagian belakang terdapat sebuah kamera utama non-flash. Jika mencari tombol power/lock dan volume, bisa terlihat pada sisi kiri tablet. Sementara pada bagian kanan tablet terdapat slot kartu memori microSD. 

Catatan
Tablet unibody ini memiliki dua buah mic masing-masing di atas dan bawah bodi, serta dua buah speaker pada bawah bodi.
 


Fitur
Seperti diutarakan di atas, tablet ini memiliki kamera utama beresolusi 3.15 megapxiels tanpa ditemani flash. Sementara kamera sekundernya beresolusi VGA untuk panggilan video. Namun keduanya dapat digunakan baik untuk memotret maupun merekam video. Terdapat menu pengaturan tambahan seperti single shot, smile shot, panorama, timer, exposure, effects, scene mode, resolusi, dan lainnya.

Berbicara soal video, kamera utama dapat melakukan perekaman hingga 720p 30 fps. Hasil perekaman video akan disimpan dalam format MP4.  Terdapat banyak menu pengaturan seperti pemilihan penggunaan kamera (utama/sekunder), exposure, timer, recording mode, effect, resolusi, dan lainnya. Untuk memutar video bisa lewat video player yang mampu melakukan pemutaran video beresolusi 1080p dan hampir semua format video (MP4, WMV, AVI, MKV, FLV, dll) dapat lancar diputar dengan kemampuan menampilkan teks. 

Untuk urusan konektivitas memang dominan menggunakan jalur WiFi dengan standar a/b/g/n. WiFi-nya telah dibekali kemampuan dual band, DLNA, mobile hotspot dan WiFi direct. Dengan dual band menjadikan frekuensi WiFi bisa tertangkap lebih besar, mengingat frekuensi WiFi kini kian padat. Lain dari itu ada Bluetooth versi 3.0 dan koneksi via kabel data. Terkait kabel data, tablet ini juga telah mendukung fitur on the go, yakni bisa membaca flash disk dan hard disk eksternal. Tapi untuk keperluan fitur on the go, Anda harus membeli adapter secara terpisah. 

Browser pada Galaxy Tab 1.7.0 WiFi dapat membuka multitab hingga 8 tab sekaligus. Bahkan sudah mendukung konten flash, sehingga Anda dapat memutar konten flash seperti video di halaman browser langsung. Saat menguji performa browser ini, kami tidak menemukan kendala saat menggunakannya.

Dalam versi jualnya, tablet ini telah dibekali aplikasi office full version, yakni Polaris Office. Anda dapat menikmati kemudahan untuk membuka, mengedit, dan meembuat dokumen baru dalam ekstensi Microsoft office. Sebelum menggunakan Polaris, Anda diminta untuk registrasi email.

Catatan
Tablet ini tidak dilengkapi dengan fitur FM radio. Port untuk charger dan port untuk data adalah sama, menggunakan jenis port proprietary Samsung. 

Kinerja
Performa menjelajahi halaman homescreen dan menu terbilang baik. Apalagi berkat dukungan prosesor TI OMAP 4430 1GHz dual-core yang juga berperan aktif melancarkan laju perangkat Samsung ini. Untuk kinerja layar, tablet ini mengusung GPU (graphics processing unit) PowerVR SGX540. Meski dalam versi jualnya masih hadir dengan OS Android 4.0.4 ICS (Ice Cream Sandwich), dipastikan tablet ini akan mendapatkan upgrade ke Android 4.1 Jelly Bean. Versi yang kami coba pun telah mendapat upgrade ke Jelly Bean. 
 
Meski memori internalnya serupa dengan Galaxy Tab 2 7.0 3G, yakni 8GB dengan RAM 1GB, tapi kapasitas memori eksternal microSD yang dapat di-handle bisa mencapai 64GB, sedangkan tablet sebelumnya masih 32GB.  

Dibanding versi Galaxy Tab 2 7.0 3G, versi tablet WiFi hanya dibekali 3 sensor saja, yakni akselerometer, gyro dan kompas. Sedangkan proximity absen karena tablet ini tidak mendukung fungsi voice call. Tablet Galaxy Tab 2 7.0 WiFi dibekali baterai Lithium Ion dengan kapasitas sebesar 4000 mAh. Waktu siaga yang dapat dicapai adalah 1070 jam dan waktu untuk memutar media player selama 93 jam. 






Sign In / Log In
Alamat Email
Password
Verifikasi kode:
Pendaftaran | Lupa Password? 

  Kembali

Buyer's Guide

Merek Handset Harga Baru Harga Purna Jual
Asus Padfone S + DockingRp. 4.499.000,-0.00
Asus Padfone S SmartphoneRp. 3.499.000,-0.00
Haier Smartfren New Andromax G2Rp. 899.000,-0.00
HP 7 Voice TabRp. 1.700.000,-0.00
Oppo X9076 Find 7Rp. 6.999.000,-0.00
Banner Compare

Home   Review   News   Article   Corporaction   Store   Buyer's Guide   Tips   Directory   Print   Mailbox
Copyright © 2010 by selular.co.id, Informasi Handphone Terlengkap. All Rights Reserved