Kamis, 02 Oktober 2014  WIB
    
>> Home >> Review

Axioo Pico Pad 5 Gea - Review

Share |
Zyrex

Setelah sebelumnya meluncurkan model Picopad 7, Axioo belum lama ini mengeluarkan tiga suksesornya yakni Picopad 5, Picopad 9, dan Picopad 9+. Masing-masing tipe memiliki karakteristik tersendiri, sesuai dengan target pasar yang dibidiknya. Picopad 5 menjadi tablet terkecil yang dikeluarkan Axioo dengan dimensi layar 5 inchi.

Desain
Secara desain, phablet keluaran Axioo ini bentuknya mirip dengan Samsung Galaxy Note. Seperti halnya pada penempatan stylus. Tapi di Picopad bukan stylus, melainkan lubang antena. Ya, salah satu fitur unggulan di phablet ini adalah siaran TV secara analog. Produk Axioo berjuluk Picopad 5 Gea ini menggunakan bodi plastik dengan kualitas yang baik. Kesan halus dan rapi pada finishing body mengesankan bukan produk murahan.
Bagian atas layar terdapat earpiece, kamera VGA, sensor jarak, dan LED notifikasi. Sedangkan bagian bawah layar terdapat tombol fisik Home yang diapit dua tombol touchpad Back dan Menu. Lensa kamera ditemani LED flash berada di belakang bagian atas yang ditemani label Axioo di bagian bawahnya.

Dua slot SIM dan slot micro SD berada di balik penutup belakang (casing). Meski tidak tertindih, tapi letaknya terhalang baterai, jadi tetap harus mematikan handphone untuk memasukkan dan mengeluarkan kartu. Lubang charger universal micro USB berada di bagian bawah body bersama lubang audio 3,5mm. Keduanya diapit oleh loud speaker yang diposisikan di kedua ujung body. Tombol volume berada di sisi kiri dan tombol power sekaligus pengunci layar ditaruh di kepala bodi.

Dengan ketebalan 11,3 mm dan bobot 198 gram, Picopad 5 Gea tergolong tipis dan nyaman untuk digenggam. Hadir dalam dua pilihan warna yakni hitam dan putih. Pada paket penjualan disertakan hard case dengan warna yang sesuai dengan handphone.

Catatan
Julurkan antenna maksimal guna mendapat tangkapan sinyal yang lebih baik kala menyaksikan siaran teve dari Picopad 5 Gea.
 

 
Fitur
Berbeda dengan spesifikasi yang tertera di box penjualan (5Mpix), ternyata kamera utama Axioo Picopad 5 Gea berkekuatan 8Mpix, dengan resolusi maksimal 3264 x 2448 pixels. Fitur pendukung yang disuguhkan cukup lengkap seperti exposure, self timer, scene mode, digital zoom, white balance, dan LED flash. Juga ada fitur color effect yang bisa menjadikan hasil jepretan bernada sepia, negative film, atau mono. Pengambilan gambar bisa diseting silent, jadi bisa membidik objek secara diam-diam. Kamera juga bisa merekam video dengan kualitas HD 720p.

Fitur khas yang ditemui pada Picopad 5 Gea adalah keberadaan TV analog. Jumlah channel yang bisa disimpan bersifat dinamis. Bisa bertambah seiring jumlah channel yang bisa ditangkap sinyal handphone. Anda bisa mengatur gambar di teve untuk pencahayaan, kontras, dan saturasi. Anda juga bisa merekam siaran teve favorit dengan durasi sesuai kapasitas daya tampung yang ada. Menikmati tayangan televisi pada layar lebar memang terasa nyaman, hanya saja kualitas gambar kurang baik dalam ruang meski sudah menjulurkan antenna maksimal.

Pada sisi hiburan, kinerja pemutar video dan audio terbilang baik. Banyak format yang bisa dimainkan di player Gea. Bahkan Picopad 5 Gea sanggup memainkan video HD tanpa hambatan. Guna mendengar siaran radio FM, Anda diharuskan menancap earset bawaan. Jumlah channel yang bisa disimpan dinamis, kami coba memindai automatis dan mendapatkan 19 channel. Sama halnya dengan teve, Anda juga bisa merekam siaran radio.
Selain untuk menghibur, Axioo Picopad 5 Gea juga berfungsi sebagai asisten pribadi karena ia sudah dibenamkan aplikasi Documents To Go untuk mengolah dokumen kantor. Anda bisa membuka, menyunting, bahkan membuat dokumen baru, baik itu word, excel, atau power points.
 
Aplikasi khas bawaan Android semuanya bisa ditemukan pada halaman menu. Guna menambah aplikasi lain, cukup kunjungi Play Store yang sudah built-in di menu. Fitur andalan SIM card ganda, keduanya bisa disetting untuk berselancar di dunia maya.

Catatan
Kali pertama menyalakan handphone, diberi pilihan launcher yang akan digunakan, Go Launcher dan ICS Launcher. Disarankan untuk memilih ICS launcher karena lebih ringan dan tidak boros baterai.

Kinerja
Axioo menyematkan prosesor MTK 6575 dengan kecepatan 1GHz. Memori RAM yang dilapangkan sebesar 512MB. Kalau hanya untuk browsing dan bermain game ringan, memori menengah ini dirasa mencukupi. Menggunakan platform Android baru Ice Cream Sandwich, Picopad 5 Gea berjalan cukup responsif.

Penyimpanan lokal yang tersedia sebesar 4GB ROM, di mana 503MB untuk simpanan aplikasi dan 2GB untuk internal storage. Jika dirasa kurang, pengguna bisa menambah memori sampai dengan 32GB dengan menggunakan micro SD. Handphone ini disokong baterai bersumber daya sebesar 1800mAh. Pada penggunaan normal, kapasitas itu bisa bertahan selama 6 jam online atau komunikasi dari kondisi baterai penuh.

Kendati tidak diberkati prosesor cepat dan RAM besar, phablet ini memiliki respon sigap. Hal itu bisa dilihat dari proses booting awal menyalakan Gea yang terbilang cepat.



Sign In / Log In
Alamat Email
Password
Verifikasi kode:
Pendaftaran | Lupa Password? 

  Kembali

Buyer's Guide

Merek Handset Harga Baru Harga Purna Jual
Samsung Galaxy VRp. 1.199.000,-0.00
BlackBerry Z10Rp. 3.199.000,-Rp. 2.525.000,-
BlackBerry Q5Rp. 2.925.000,-Rp. 2.350.000,-
BlackBerry Z30Rp. 6.050.000,-Rp. 5.875.000,-
HTC Desire XCRp. 2.000.000,-Rp. 1.550.000,-
Banner Compare

Home   Review   News   Article   Corporaction   Store   Buyer's Guide   Tips   Directory   Print   Mailbox
Copyright © 2010 by selular.co.id, Informasi Handphone Terlengkap. All Rights Reserved