Rabu, 22 Oktober 2014  WIB
    
>> Home >> Review

Lenovo A800 - Review

Share |
Zyrex

Handphone Android yang disokong prosesor ganda kini kian marak. Bukan hanya produsen smartphone ternama dunia yang memproduksi, merek handphone asal China Lenovo pun sudah meluncurkan varian dual-core-nya di Indonesia. Yakni Lenovo A800 dengan diagonal layar 4,5 inch dan support dual SIM card.

Desain
Tampilan sederhana sepertinya sedang digandrungi produsen ponsel. Bagian muka Lenovo A800 didominasi oleh lapisan kaca layar sentuh dengan empat sudut melengkung. Bagian bawah layar dihiasi tiga buah touchpad untuk fungsi Back, Home, dan Menu. Bagian atas layar, earpiece ditemani sensor cahaya dan proximity. Putar handphone hadap belakang, maka terdapat sensor kamera di permukaan atas dan speaker berbentuk garis di bawah. Dua slot kartu SIM disusun bertumpuk di balik back cover, begitu juga slot kartu microSD. Sayap kanan bodi ditempelkan pengendali volume. Sedangkan jack audio serta port charging diletakkan di bagian kepala bersama tombol power. Jadi, sayap kiri dan bagian bawah tepian body polos tanpa ornamen. Maka dari ini desain in tergolong sederhana.

Lenovo A800 memiliki dimensi standar smartphone kebanyakan, yakni layar lebar, bodi tipis, dan bobot ringan. Keseluruhan bodi terbuat dari plastic doff. Bagian back cover memiliki pola tekstur sehingga memberi aksen tersendiri dari pesaingnya. Semua unsur kerangka menjadikannya kesat ditangan, tidak mudah tergelincir dan tidak meninggalkan jejak sidik jari.

Mengikuti tren smartphone keluaran sekarang, Lenovo A800 juga menggunakan layar super lebar berdiagonal 4,5 inci jenis IPS dengan resolusi 480 x 854 piksel dengan kerapatan 218 ppi. Kualitas layarnya tergolong baik, tampilan terlihat cerah dan berwarna, sudut penglihatan juga cukup baik jika dilihat dari kemiringan ekstrem. Namun memang ketika dibawah sinar matahari, layar kurang mampu memberikan tampilan yang jelas ke pengguna meskipun tingkat keterangan sudah di set ke maksimal.

Catatan
Untuk memasang ketiga kartu (SIM card dan microSD) harus mematikan handphone dan mengangkat baterai.

Fitur
Salah satu fitur andalan smartphone adalah kamera. Lenovo A800 hanya diberikan satu buah kamera dibagian belakang yang beresolusi 5 Mpix dengan resolusi maksimal 2596 x 1948 piksel dengan kemampuan autofocus. Sayangnya, senjata membidik objek ini tidak dilengkapi LED flash. Jadi pengguna harus mempertimbangkan pencahayaan sendiri untuk mendapatkan hasil maksimal. Antarmuka menu kamera ini terlihat standar Android ICS. Disediakan aneka menu pendukung kamera seperti ZSD, exposure, sharpness, saturation, capture mode, scene, color effect, HDR, dan banyak lagi.

Selain untuk memotret, kamera di Lenovo A800 juga bisa untuk merekam video. Dengan kualitas rekam terbesar mencapai HD 720p. Fitur penunjang pengambilan video tergolong lengkap untuk sebuah smartphone yakni pilihan video quality, EIS, focus mode, anti-flicker, time lapse, effects, dan banyak lagi. Format video populer yang didukung aplikasi ini tergolong banyak seperti MP4, 3GP, MOV, M4V, MKV, AVI, dan FLV. Untuk pengaturan video saat diputar, terdapat pengaturan brightness, screenshot, lock layar, rasio video.

Foto, video, screen capture, dan file visual lainnya terkumpul dalam menu gallery yang dikelompokkan berdasarkan lokasi. Dapat juga ditampilkan berdasarkan kategori waktu. Karena standar Android ICS maka standar ICS juga fitur-fitur yang ada seperti edit, crop, rotate, effect, share, dan lainnya.

Segmen hiburan pemutar media hadir dengan tema senada IdeaDesktop. Terdapat fitur pengaturan keluaran suaara seperti equalizer yang dapat dipilih secara preset atau manual. Untuk kualitas speaker, Lenovo A800 memiliki kualitas speaker yang cukup baik. Speaker ini mampu mengeluarkan suara yang kencang namun tidak pecah, meskipun sedikit cempreng jika di set ke volume maksimal. Tidak ketinggalan fitur radio FM sebagai alternatif hiburan tambahan, dimana anda harus mencolok headset terlebih dahulu yang berfungsi sebagai antena agar dapat menangkap siaran stasiun radio favorit.

Untuk urusan internet, Lenovo menyediakan browser tersendiri, yakni Safari yang dimodifikasi. Hebatnya browser ini mampu melakukan multitab hingga 20 tab sekaligus. Untuk rendering halaman web dapat dilakukan dengan cukup baik dan cepat. Konten flash dapat ditampilkan meskipun jika menonton video di situs YouTube versi desktop, tampilan video terlihat sedikit lag. Jadi Anda bisa memiliki browser pilihan lain selain stok ICS bawaan Google.

Catatan
Ketika memutar video resolusi FullHD, hanya suara saja yang terdengar, visual kosong.

Kinerja
Lenovo A800 berjalan di jaringan dualband GSM ( 900 / 1800 ) untuk SIM 1 dan 2 dan dualband HSDPA (900/2100) hanya untuk SIM 1. Konektivitas lokal terdapat WiFi 802. 11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A-GPS, microUSB v2.0, dan dukungan microSD hingga 32GB. Untuk penggunaan fitur dual SIM GSM on, pengguna harus memilih salah satu kartu yang akan mendapat jaringan 3G sedangkan kartu lainnya terbatas di 2G. Selain itu Anda juga dapat mengatur penggunaan kartu SIM mana yang ditujukan untuk telepon, SMS, serta mana yang ditujukan untuk data. Anda juga dapat mengatur pilihan ini lewat bar notifikasi.

Berbekal baterai Lithium Ion 2000 mAh, Lenovo A800 bisa menemani seharian penuh dengan penggunaan normal dan paket data aktif. Lenovo juga menyematkan aplikasi Lenovo Power dimana aplikasi ini berfungsi sebagai pengatur penggunaan baterai agar lebih sesuai penggunaan dengan tujuan memperpanjang daya tahan baterai.



Sign In / Log In
Alamat Email
Password
Verifikasi kode:
Pendaftaran | Lupa Password? 

  Kembali

Buyer's Guide

Merek Handset Harga Baru Harga Purna Jual
Innos Smartfren Andromax V3SRp. 1.999.000,-0.00
LG Nexus 5Rp. 4.699.000,-Rp. 4.000.000,-
LG Optimus L1 II Dual E420Rp. 815.000,-Rp. 700.000,-
LG L70 Dual D325Rp. 1.900.000,-Rp. 1.650.000,-
LG L40 Dual D170Rp. 1.250.000,-Rp. 1.025.000,-
Banner Compare

Home   Review   News   Article   Corporaction   Store   Buyer's Guide   Tips   Directory   Print   Mailbox
Copyright © 2010 by selular.co.id, Informasi Handphone Terlengkap. All Rights Reserved