Jum'at, 28 Nopember 2014  WIB
    
>> Home >> Review

Lenovo S890 - Review

Share |
Zyrex

Setelah meluncurkan Lenovo IdeaPhone S880 tahun lalu, akhirnya Lenovo resmi merilis penerus smartphone “raksasa” tersebut ke pasar Indonesia. Pertengahan Maret, jagoan Lenovo bernama lengkap IdeaPhone S890 mulai didistribusikan. Berikut ulasan mengenai perangkat Android dual SIM-dual ON GSM dan sudah ber-OS Jelly Bean ini. 

Desain
Lenovo Indonesia memasukkan varian warna biru dan putih (Porcelain White dan Midnight Blue) dengan harga jual di bawah Rp3 juta. Lebih murah dibandingkan Galaxy Grand yang kelasnya setara. Dalam paket penjualannya, Lenovo menyematkan secara cuma-cuma flipcover warna hitam, dan menjadikannya berkesan hitam seperti warna yang hanya beredar di China.

Perawakan Lenovo S890 begitu pas di tangan dan tidak menyusahkan selama digunakan. Bidang 5 inci cocok bagi tangan yang lebar dan ukuran jempol yang lumayan besar. Gejala salah ketik selama menggunakan handphone dengan layar lebih kecil, tidak akan terjadi di sini. Apalagi beratnya hanya 176 gram, terasa seenteng handphone regular (bukan bongsor).

Lenovo S890 tidak lagi menempatkan tombol antar muka menyatu pada layar (seperti pada S880). Tiga softkey tersebut ditempatkan di bawah layar, dan mengoptimalkan permukaan depan smartphone tersebut.

Untuk material casingnya, S890 terlihat lebih berkelas. Kesan classy pada S890 terpancar pada lis krom di sekeliling tubuhnya. Beberapa fitur lain yang mengelilingi tubuhnya ada kamera sekunder (resolusi VGA) dan sensor proximity di atas layar, tombol volume pada sisi kanan, lubang mic dan port micro USB di sisi bawah, tombol power dan audio di sisi atas. Pada penampang casing belakang, selain kamera autofocus 8 Mpix (mampu merekam video HD 720p) dan LED flash, juga ada speaker yang cukup keras di sisi kiri bawah dan juga lubang mic sekunder (yang mendukung fitur Smart Sound, membuat suara selama bertelepon tetap jernih di lingkungan yang bising) di sebelah kiri kamera.


Fitur
Mengadopsi sistem operasi besutan Google paling Anyar Android 4.1 Jelly Bean, fitur yang dibenamkan sudah cukup actual. Anda bisa melihat aneka fitur bawaan Google mulai dari Play Store sampai Youtube, dan yang terbaru Google Now. Fitur suntikan Lenovo guna melengkapi keperluan pengguna tidak lupa disematkan. Seperti document viewer, java emulator, GPS, radio, sampai video editor. Lenovo juga membenamkan PowerVR SGX531 tipe terbaru sehingga sangat memungkinkan bermain game-game kelas HD. Meski Lenovo tidak membubuhi game dalam menu default, Anda bisa leluasa mengunduh banyak game dari toko konten Play Store secara cuma-cuma. 

Kamera utama pada varian ini sudah dibekali lensa 8 Mpix yang ditemani beragam pengaturan pada modus foto maupun video. Anda bisa merekam video kualitas HD 720p tanpa batasan durasi, selama memori Anda mencukupi. Melihat konten dari balik layar IPS lebar 5 inci, semua gambar terasa hidup. Gambar diam maupun bergerak yang dihasilkan dari kamera S890 sangat baik dengan resolusi maksimal 3264 x 2448 piksel. Ditambah fitur Smart Camera, Anda akan mudah menyunting segala foto hasil jepretan kamera atau simpanan memori Anda. Video call atau video chat juga dimungkinkan dilakukan dari model ini karena Lenovo membubuhi kamera kualitas VGA di atas layar.

Terjadi peningkatan dari sisi layar. S890 mengajukan material IPS capacitive, 16 juta warna, dengan resolusi 540 x 960-pixel dengan kerapatan pixel 220-ppi. Di atas kertas sepertinya tidak berbeda jauh dari pendahulunya. Namun S890 begitu bening dan tidak terlihat gejala pixelated. Dilihat dari berbagai sisi, layar S890 jelas memancarkan warna dan brightness (pada tingkat maksimal pun) sangat terang. Tipikal layar IPS, pancaran warnanya terlihat natural. Kemampuan multi-touch-nya pun meningkat sampai mampu mengenali 5 titik sentuhan. Sayangnya, layar tersebut tidak dilindungi lapisan pelindung apa pun. Jadi disarankan Anda melapisinya dengan screenguard berkualitas baik.

Dengan kapasitas memori internal sebesar 4 GB sepertinya cukup untuk menyimpan segala jenis file pribadi Anda. Mungkin agak kurang besar bagi Anda yang suka menyimpan banyak video, foto dan aplikasi game, apalagi dengan resolusi kamera Lenovo S890 yang lumayan besar. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan slot microSD yang tersedia untuk tambahan kapasitas lebih.
 
Kinerja
Di balik bungkus casingnya tersebut, Lenovo menyematkan chipset MediaTek dari seri MTK 6577T, dengan prosesor dua inti yang kecepatannya 1.2GHz, dipadukan RAM 1GB, internal storage 4 GB (dipartisi 2 GB untuk sistem, dan 1.5 GB untuk USB Storage dan masih bisa diperbesar melalui micro SD hingga 32 GB), sedangkan GPU-nya PowerVR SGX531.

Dengan prosesor yang sudah masuk kelas Cortex-A9 dan dibekingi GPU mumpuni, Lenovo S890 mampu dioperasikan dengan mulus. Selama berinteraksi dengan interface-nya, tidak ada gejala lag terasa. Adanya RAM 1 GB juga mendukung kinerjanya tetap lancar. Ketika menjalankan beberapa aplikasi berat secara bersamaan, kinerjanya terasa menurun. Seperti ketika RAM-nya menipis tetap dipakai memainkan game.

Lenovo S890 ini bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang mencari Android dengan harga terjangkau yang sudah mengadopsi fitur dual SIM,  koneksi data GSM 3G pada lebel HSDPA dan HSUPA, Dual SIM dan menggunakan ukuran SIM standar, Bluetooth 3.0, Wi-Fi 802.11b/g /n, USB 2.0, A-GPS, radio FM, dan baterai 2,250mAh yang diklaim mampu membuatnya standby hingga 13 hari dan waktu bicara 17.5 jam.



Sign In / Log In
Alamat Email
Password
Verifikasi kode:
Pendaftaran | Lupa Password? 

  Kembali

Buyer's Guide

Merek Handset Harga Baru Harga Purna Jual
ZTE BOLT! Powerphone ZTE V9820Rp. 1.999.000,-0.00
Motorola Moto ERp. 1.299.000,-0.00
Samsung E1272 CaramelRp. 349.000,-Rp. 220.000,-
Asus Padfone S + DockingRp. 4.499.000,-0.00
Asus Padfone S SmartphoneRp. 3.499.000,-0.00
Banner Compare

Home   Review   News   Article   Corporaction   Store   Buyer's Guide   Tips   Directory   Print   Mailbox
Copyright © 2010 by selular.co.id, Informasi Handphone Terlengkap. All Rights Reserved