Selasa, 30 September 2014  WIB
    
>> Home >> Review

Oppo Find Muse R821 - Review

Share |
Zyrex

Desain
Setelah tampil pede meluncurkan smartphone di kelas high end (Oppo Find 5), Oppo juga meluncurkan seri Find Muse R821 yang merupakan smartphone Android untuk mengisi kelas menengah ke bawah. Oppo Find Muse mengusung desain non unibody yang boleh dibilang tampilannya cukup elegan, melihat selikas body Find Muse mengesankan sosok ponsel premium. Sekujur body-nya dibalut material plastik warna putih dengan motif dof yang kesat dalam genggaman.

Oppo Find Muse punya dimensi 123 x 63,5 x 9,9 mm dan berat 124,5 gram, dari ketebalan body terlihat ponsel ini cukup ergonomis dan tipis. Memperindah penampilan, pada sekeliling body dibalut lis plastik dengan motif krom. Di deretan lis terdapat tombol on/off dan tombol pengatur volume yang diberi sentuhan warna oranye. 

Mari kita lihat lebih detail permukaan body Find Muse, tepat diatas layar terdapat lubang earpiece, lensa kamea sekunder, dan sensor cahaya. Kemudian dibawah layar terdapat tiga touchpad, dari kanan ke kiri yaitu touchpad untuk back, home, dan recent menu/app. Layarnya sendiri mengusung teknologi IPS capacitive dengan kedalaman 16 juta warna. Resolusi layar 480x800 pixels dengan bentang ukuran 4 inchi. Kualitas layar termasuk tajam, yaitu dengan meraih skor 240 ppi (pixel per inch) dari aplikasi Quick Info System.

Menengok ke bagian atas body (top view), ada audio jack 3,5 mm, dan di bagian bawah body (bottom) terlihat lubang mikrofon dan port microUSB. Tombol on/off yang berperan sebagai pengunci layar ada di sisi kanan body, dan tombol pengatur volume ada disisi kiri body. Melihat ke bagian belakang (back cover), ada lensa kamera utama dan lubang speaker dibawahnya. 

Catatan
Meski material cover menggunakan dof, tapi adopsi warna putih menjadikan permukaan body terlihat lekas kotor. Penempatan tombol on/off di sisi kanan body, dan penempatan urutan fungsi touchpad sedikit kurang nyaman, tapi mungkin bisa jadi cukup nyaman buat pengguna yang kidal.
 
  

Fitur
Oppo Find Muse sudah berjalan di platform Android 4.2.2, ini artinya sudah mengadopsi interface terbaru dari Google, yang jelas mencitrakan beragam suasana dan rasa baru dibanding Android sebelumnya. Ditambah lagi, Android memberi sentuhan tampilan antarmuka tersendiri, ini terlihat dari layout pada homescreen dan bentuk widget-widget aplikasi. Memberi kesan dinamis, Oppo memang memberi nuansa dengan hadirnya aplikasi NearMe Themes dan NearMe Wallpapers.

Andalan Oppo Find Muse yang utama adalah kemampuan dual on GSM-GSM, dimana slot 1 menggunakan jenis SIM card reguler, sementara slot 2 menggunakan jenis micro SIM card. Hebatnya, kedua slot SIM card berbeda ukuran ini dapat menjalankan koneksi internet secara bergantian dalam moda soft switch. Terkait internet, koneksi yang tersedia mulai dari 2G (GPRS/EDGE) hingga level 3G HSDPA (7,2 Mbps) dan HSUPA (5,76 Mbps).  Jalur koneksi lain yang ada yaitu WiFi dengan standar b/g/n dengan kemampuan WiFi hotspot, sementara Bluetooth sudah menggunakan versi 4.0.

Untuk imaging, kamera utama resolusinya 3 megapixels (2048x1536 pixels) dan kemera depan (sekunder) resolusinya VGA (640x480 pixels). Meski sudah dibekali prosesor dual core 1.2Ghz, sayangnya dukungan menu pada kamera terbilang amat standar, tidak ada flash light, auto focus, dan white balance. Sementara menu yang ada yaitu self fimer, night mode, panorama, rewind, sport mode, geo tagging, tap shutter, shutter sound, dan foto editor. Fungsi rewind serupa multishot dengan 6 image foto secara beruntun. Sementara untuk rekam video, tidak ada keterangan berapa resolusi maksimumnya, hanya saja rekam video dilengkapi dukungan record sound on/off. 

Untuk urusan musik, permutar musik bisa dibilang juga biasa-biasa saja, bahkan tidak terlihat menu equalizer, hanya ada plalylist, repeat, dan shuffle. Selain itu ada fitur FM radio. FM radio dalam uji coba dapat men-scan hingga 40 channel. Sayangnya FM radio tidak dibekali kemampuan rekam siaran. 

Untuk selancar alias browsing, dalam paket jualnya sudah tertanam Chrome browser, sementara beberapa fitur khas Oppo juga ada yang bisa dibilang menarik, sebut saja OTA (over the air), yaitu jalur untuk menuju menu update software, kemudian ada NearMe Apps yaitu toko aplikasi khas Oppo dan NearMe Sync untuk keperluan beragam sinkronisasi. Untuk menggunakan NearMe Sync Anda diwajibkan untuk registrasi terlebih dahulu. Lainnya ada Facebook dan Kingsoft Office full version. 

Catatan
Menunjang kemampuan imaging, dalam paket penjualan dibekali aplikasi Lomo Camera. FM radio tetap membutuhkan koneksi headset.

Kinerja
Kinerja Oppo Find Muse dipasok oleh prosesor dual core 1.2Ghz, RAM 512MB, memori internal 4GB, dan kapasitas memori eksternal MicroSD hingga 32GB. Dari spesifikasi tersebut, smartphone berharga bandrol Rp1.699.000 ini sudah lumayan memadai, hanya sedikit minus pada kemampuan RAM (random access memory) yang masih terbatas. Untuk efisiensi energi baterai, smartphone ini dibekali fitur smart sleep, dimana layar akan menyala selama digunakan, dan layar otomatis akan redup apabila mata Anda telah berpaling dari layar.

Oppo Find Muse ditenagai beterai lithium ion dengan kapasitas 1.700 mAh. Dari kapasitas tersebut bisa dicapai waktu siaga hingga 280 jam dan waktu bicara hingga 6 jam.  






Sign In / Log In
Alamat Email
Password
Verifikasi kode:
Pendaftaran | Lupa Password? 

  Kembali

Buyer's Guide

Merek Handset Harga Baru Harga Purna Jual
HTC Desire XCRp. 2.000.000,-Rp. 1.550.000,-
HTC One MiniRp. 4.625.000,-Rp. 4.100.000,-
HTC One MaxRp. 7.725.000,-Rp. 7.125.000,-
HTC Desire 300Rp. 1.900.000,-Rp. 1.550.000,-
HTC Desire 816Rp. 4.499.000,-0.00
Banner Compare

Home   Review   News   Article   Corporaction   Store   Buyer's Guide   Tips   Directory   Print   Mailbox
Copyright © 2010 by selular.co.id, Informasi Handphone Terlengkap. All Rights Reserved