Minggu, 20 April 2014  WIB
    
>> Home >> Review

Samsung I9200 Galaxy Mega 6.3 - Review

Share |
Zyrex

Desain

Samsung bisa dibilang telah meraih sukses dengan mengibarkan segmen phablet (smartphone tablet) ke pasaran. Berkat keluarga Galaxy Note, vendor asal Korea Selatan ini telah menciptakan tren tersendiri yang diikuti oleh vendor-vendor lain. Dan, masih di segmen phablet, kini Samsung mencoba peruntungan untuk meluncurkan turunan baru, yakni Galaxy Mega. Ada dua versi yang langsung diluncurkan, yakni Galaxy Mega 6.3 dan Galaxy Mega 5.8. 

Pada review kali ini, kami akan mengupas lebih dahulu Galaxy Mega 6.3. Identitas 6.3 tak lain menginformasikan ukuran bentang pada layar. Dengan layar dibawah 7 inchi, maka Galaxy Mega 6.3 masih sah dijuluki sebagai phablet. Galaxy Mega 6.3 punya dimensi 167,6 x 88 x 8 mm dan berat 199 gram. Selain ukurannya yang jumbo untuk smartphone kebanyakan, gadget ini terbilang tipis, yakni punya ketebalan hanya 8 mm, padahal Galaxy Mega 6.3 tidak mengusung konsep unibody. 

Bagaimana dengan ketajaman layarnya? Berbeda dengan gadget Galaxy lainnya, Galaxy Mega 6.3 mengadopsi jenis SC (super clear)-LCD capacitive dengan kedalaman 16 juta warna. Resolusi pada layar mencapai 720x1280 pixels dengan kepadatan pixels 233 ppi (pixel per inch). Dilihat dari kepadatan pixel-nya, menyiratkan bahwa kualitas layarnya sangat jernih dan tajam. Layar telah dilengkapi lapisan pelindung anti gores dari Corning Gorilla Glass. 

Meski desainnya tak beda jauh dengan keluarga Samsung Galaxy S dan Galaxy Note, tapi untuk lebih detailnya mari kita dalami instrumen yang ada disekujur body. Pada bagian atas layar seperti biasa tersemat lensa kamera sekunder, sensor proximity, lampu notifikasi, dan lubang earpiece. Sementara dibawah layar, tak ubahnya handphone Samsung kebanyakan, ada tombol fisik untuk menuju home, dan dua touchpad untuk back dan akses ke menu. Masih di area yang sama, juga terdapat lubang mikrofon. 

Membalik body ke bagian belakang (back cover), tampak posisi lensa kamera utama di tengah berikut flash light dibawahnya. Masih di area back cover, juga terdapat lubang speaker. Body dilapisi bahan plastik glossy dengan motif kotak-kotak , mirip dengan motif yang ada di Galaxy S4. Ketika tutup back cover dibuka, nampak penampang baterai dan slot micro SIM card dan slot microSD. Kedua slot ini dirancang dengan model dudukan bertingkat. 

Yang perlu diketahui, Galaxy Mega 6.3 membawa sentuhan Galaxy Note, dimana terdapat infra red port untuk fungsi remote control. Port infra red berada pada bagian atas body, bersebelahan dengan lubang mikrofon atas dan audio jack 3,5 mm. Melihat ke sisi kiri body, terdapat tombol on/off yang juga berperan sebagai pengunci layar. Disisi sebaliknya akan terlihat tombol pengatur volume. Untuk port microUSB ada pada bagian bawah body. 

Catatan

Dengan model dudukan bertingkat, slot microSD berada pada posisi paling atas, sementara slot micro SIM card ada dibawahnya. Dengan posisi slot microSD diatas, maka slot kartu memori ini dapat dioperasikan secara hotswap. Galaxy Mega 6.3 tidak dilengkapi stylus pen. 

Fitur

Secara fitur yang ditampilkan, Galaxy Mega berada diarsiran antara fitur Galaxy S dan Galaxy Note. Maka untuk fitur yang disajikan pun banyak yang juga ada di Galaxy S4 dan Galaxy Note. Dari segi tampilan antarmuka, Galaxy Mega mengusung Android 4.2.2 Jelly Bean yang dipadukan dengan TouchWiz terbaru dari Samsung. 

Dari segi fitur, kamera memang termasuk diandalkan meski resolusinya hanya 8 megapixels (3264x2448 pixels), atau kira-kira setara Galaxy S IIII. Sedangkan untuk lensa kamera sekunder resolusi maksimumnya 1.9 megapixels. Kelengkapan menu pada imaging mencakup auto focus, beauty face, best photo, multi shot, HDR (high definition range), panorama, anti shake, moda sport, night mode, ISO, white balance, efek, self timer, dan foto editor. Sementara untuk rekam video, resolusi maksimumnya adalah 1920x1080 pixels dengan kecepatan 30 fps. Menu pendukung dalam rekam kamera mencakup video editor dan kemampuan rekam mikrofon secara stereo. 

Galaxy Mega 6.3 dilengkapi jalur koneksi dan internet yang memadai, selain tetap tersedianya GPRS/EDGE, platform phablet ini sudah mengusung mobile broadband di level HSDPA hingga 21 Mbps dan HSUPA hingga kecepatan 5,76 Mbps. Sementara untuk jalur WiFi sudah mengadopsi standar a/b/g/n/ac dengan frekuensi dual band. Menu pendukung yang terkait WiFi adalah DLNA, WiFi direct, dan WiFi hotspot (tethering). Jalur koneksi lain yang tersedia seperti Bluetooth versi 4.0 LE, NFC (near field communication), dan infra red. Khusus yang terakhir digunakan sebagai remote untuk fitur WatchOn. 

Sementara untuk jalur koneksi kabel, port microUSB sudah menggunakan standar 2.0. Lewat jalur microUSB, Anda dapat mengakses HDMI (high definition multimedia interface) dan TV out lewat kabel MHL (mobile high definition link). Koneksi microUSB juga dapat membaca flash disk atau disebut USB on the go. Dan bekal lain sebagai USB host. 

Untuk menunjang hiburan, Galaxy Mega 6.3 dilengkapi dua sistem pemutar musik, yakni Music Player dari Samsung dan Play Music bawaan dari Google. Menu pada pemutar musik telah dilengkapi dengan equalizer, play speed, shuffle, dan playlist. Untuk memudahkan menikmati musik, koleksi lagu dibagi ke dalam kategori songs, playlist, albums, artists, square, dan folder.  Tidak ketinggalan juga ada fitur FM radio, Anda bisa mencari channel secara dinamis, ditambah ada kemampuan untuk rekam siaran secara langsung. 

Catatan

Kamera tidak dilengkapi macro mode. Dalam paket jualnya tidak dibekali aplikasi office bawaan (embedded).

Kinerja

Dapur pacu Galaxy Mega memang tidak sesangar Galaxy S4, tapi untuk urusan prosesor sudah terbilang memadai dengan adopsi prosesor dual core 1.7Ghz Krait dengan chipset Qualcomm Snapdragon 400. Sementara untuk menunjang performa layar, dipercayakan pada GPU (graphic processing unit) Adreno 305. Untuk memori, secara internal versi yang dijual di Indonesia dilengkapi memori internal 16GB dan RAM 1.5GB. Kapasitas memori eksternalnya pun sudah bisa membaca microSD hingga kapasitas 64GB. Bila diramu secara keseluruhan, performa yang ditampilkan phablet produksi Samsung manufaktur Vietnam ini cukup memuaskan.

Galaxy Mega 6.3 ditenagai baterai lithium ion dengan kapasitas 3.200 mAh. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 420 jam, dan waktu bicara di moda 2G selama 17 jam, dan waktu bicara di moda 3G hingga 10 jam. Sementara perannya untuk memutar musik, siap memanjakan Anda hingga 82 jam. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sign In / Log In
Alamat Email
Password
Verifikasi kode:
Pendaftaran | Lupa Password? 

  Kembali

Buyer's Guide

Merek Handset Harga Baru Harga Purna Jual
Lenovo A316iRp. 999.000,-0.00
Mito A68Rp. 1.499.000,-0.00
Xiaomi RedmiRp. 3.500.000,-0.00
Oppo Neo R831Rp. 2.399.000,-0.00
Sony Xperia E1 DualRp. 1.799.000,-0.00
Banner Compare

Home   Review   News   Article   Corporaction   Store   Buyer's Guide   Tips   Directory   Print   Mailbox
Copyright © 2010 by selular.co.id, Informasi Handphone Terlengkap. All Rights Reserved