Minggu, 26 Oktober 2014  WIB
    
>> Home >> Review

Tabulet Beat Duos - Review

Share |
Zyrex

Desain
Mengikuti tren tablet di pasar nasional saat ini, merek dalam negeri Tabulet mengeluarkan perangkat baru bertitel Beat Duos dengan dimensi favorit 7 inchi. Perawakannya serupa tablet berukuran sama, membentuk persegi panjang. Mirip dengan tablet keluaran merek ini sebelumnya, tapi kali ini tampak lebih stylis dengan body lebih tipis dan bobot lebih ringan. Balutan Lux UV Body berwarna DimGrey (abu-abu kecoklatan) dan ketebalan hanya 8 mm membuat Beat Duos nyaman digunakan secara mobile. Antara cover dan layar, terdapat lis hitam mengitari layar sekadar penegas batas. 

Logo dagang Tabulet di bagian belakang ditemani motif garis-garis. Tabulet menyajikan Beat Duos dengan bantuan empat kaki penyanggah (empat sudut belakang) sebagai pemberi jarak ketika Anda menaruhnya di permukaan datar (contoh: meja). Sehingga, body belakang tablet tidak bersentuhan langsung dengan daratan yang di maksud. Jadi body tablet bisa kinclong lebih lama karena jarang tergores.

User interface ICS (Ice Cream Sandwich) serupa dengan Honeycomb, yang menyediakan tombol navigasi di dalam layar. Anda tidak akan menemukan tombol fisik untuk Home, Back, dan Menu di body, karena berupa virtual di dalam layar. Sehingga tidak ada ornamen apa pun (seperti touchpad) di sekitar layar. Cover belakang tidak bisa dibuka, maka dari itu keberadaan slot microSD terletak di samping (hotswap). Tombol power dan kendali volume ada di samping kanan, sedangkan lubang charging, kabel data, dan HDMI, serta jack audio 3,5mm di samping kiri. Bagusnya adalah, Tabulet memberi opsi tombol reset untuk reboot ketika mengalami keadaan darurat seperti tablet hang. Agar tidak mudah terpencet, aksesnya dibuat susah, harus menggunakan benda mungil seperti jarum atau peniti untuk menekannya.

Catatan 
Koneksi internet hanya melalui jaringan WiFi. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan modem eksternal.

Fitur
Fitur bawaan Google sudah dipastikan tersedia juga pada Beat Duos. Mulai dari Maps, Navigation, Latitude, Places, Gmail, Google+, Gtalk, dan media player standard. Untuk fitur tambahan, Tabulet juga sudah membenamkan beberapa aplikasi hiburan dalam paket penjualannya. Mulai dari game Angry Birds Rio, Grave Defense, aplikasi Free note, Musical pro, dan Pixlr o matic. Tapi sayangnya, kalau Anda lakukan “factory reset” aplikasi tambahan tersebut akan lenyap. Tapi tidak usah khawatir, Anda bisa mengunduhnya sendiri kelak karena Beat Duos juga menyediakan toko konten Google Play Store.

Salah satu kelemahan fitur Tabulet adalah absennya aplikasi situs video Youtube yang biasanya selalu hadir di smartphone maupun tablet Android. Meskipun bisa Anda mengunduhnya sendiri, tentu agak disayangkan. Juga, Tabulet tidak menyediakan aplikasi pendukung kantor seperti pembaca dokumen pada Beat Duos. Menjadikan Anda harus merogoh kocek lagi untuk mendapatkan aplikasi tersebut di Play Store, karena yang gratis sekadar trial alias percobaan.

Yang patut diacungi jempol dari Beat Duos adalah kemampuannya membaca hardisk external dengan kuota sampai 2TB. Sehingga mudah bagi Anda menyalin data dengan ukuran besar. Tapi Tabulet tidak membekali paket penjualan dengan kabel konektor yang dibutuhkan. Keunggulan Beat Duos lainnya adalah dukungannya terhubung ke TV atau monitor PC melalui kabel HDMI. Tapi Tabulet tidak menyediakan kabel tersebut dalam paketnya. Anda harus membelinya terpisah. Pemutar videonya juga sudah mendukung berbagai format yang ada. Bahkan bisa memutar video dengan resolusi Full HD (1080p). Kalau untuk pemutar musik, Beat Duos tidak berbeda dengan tablet Android lainnya. Baik fitur atau tampilan UI juga sama.

Catatan 
Memori internal 8GB dan mendukung microSD sampai 32GB. Tidak dilengkapi koneksi Bluetooth

Kinerja

Jika Anda sedang mencari perangkat tablet dengan dukungan dapur pacu dual-core (inti ganda) dengan harga cukup terjangkau, maka merek dalam negeri Tabulet bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda. Mengusung dimensi favorit yakni 7 inchi, tablet keluaran Tabulet terbaru ini sudah mengusung sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich dengan prosesor dual-core Cortex A9 1,5GHz. Dengan prosesor tersebut, tentu Beat Duos mampu menghadirkan kecepatan ganda dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Karena tablet lebih sering digunakan untuk browsing, gaming, atau mengolah dokumen kantor, maka fungsi kamera agak terabaikan. Sama halnya pada Beat Duos, hanya memiliki satu kamera berkualitas VGA yang terletak di depan menunjukkan fungsi utamanya untuk videocall, yang itu pun bukan melalui jaringan selular, melainkan internet. Kamera juga bisa untuk rekam video. Tapi karena letaknya di depan, maka agak aneh untuk merekam video diri sendiri.
Jenis teknologi layar “Anti Glare” pada Beat Duos diklaim mirip dengan IPS. Ketajaman warnanya memang tetap terjaga meski di luar ruangan. Tapi respon layar yang beberapa kali kurang sensitive menjadi kendala utama pengoperasian menu yang hanya bisa diakses melalui jalur sentuh tersebut. Untuk kinerja tablet dalam mengoperasikan fitur terbilang cukup baik. Baterai berkapasitas 3200mAh mampu menopang masa hidup tablet sampai dua hari dengan pemakaian intensive.



Sign In / Log In
Alamat Email
Password
Verifikasi kode:
Pendaftaran | Lupa Password? 

  Kembali

Buyer's Guide

Merek Handset Harga Baru Harga Purna Jual
Nokia 108Rp. 410.000,-Rp. 255.000,-
Nokia 107 Dual SIMRp. 335.000,-Rp. 260.000,-
Nokia Lumia 1520Rp. 7.450.000,-Rp. 6.650.000,-
Nokia Lumia 1320Rp. 4.675.000,-Rp. 3.425.000,-
Nokia XRp. 1.450.000,-Rp. 950.000,-
Banner Compare

Home   Review   News   Article   Corporaction   Store   Buyer's Guide   Tips   Directory   Print   Mailbox
Copyright © 2010 by selular.co.id, Informasi Handphone Terlengkap. All Rights Reserved