Sabtu, 29 Nopember 2014  WIB
    
>> Home >> Tips >> Tips & Apps

Tips & Apps


Tips Atasi Kerusakan Pada Kartu Memori

Kartu memori apa pun itu jenisnya, kini telah menjadi elemen penting dalam penggunaan hape, tak pandang itu hape high end atau low end, semuanya cukup bergantung pada kartu memori, seperti jenis microSD yang kini banyak digunakan. Terlebih pada hape merek lokal, peran kartu memori amat vital untuk menjalankan beragam aplikasi, pasalnya kapasitas memori internal pada hape merek lokal terbilang minim.

Nah, apa jadinya bila kartu memori Anda hang, padahal disitu tersimpan banyak file, seperti lagu dan foto-foto. Kartu memori yang hang ada banyak sebabnya, umumnya masalah sering dijumpai pada pengguna yang sering melepas dan memasukan kartu memori, biasanya untuk tujuan mentransfer/copy data. Tapi bisa juga masalah ditimbulkan karena pengaruh medan magnet dan panas.    

Kerusakan pada kartu memori sering juga disebut memory corrupt. Ini terjadi karena rusaknya sistem file, dan bukan terjadi kerusakan pada kartu memori secara fisik. Indaksi dari memory corrupt yakni konten yang tidak dapat terdeteksi atau tidak bisa dibuka. Bila Anda mendapati masalah seperti diatas, langkah yang dapat diambil yakni dengan cara memformat kartu memori tersebut. Berikut langkah-langkah untuk melakukan format kartu memori secara tepat.

1.    Lepas kartu memori dari hape
Sebenarnya di beberapa hape terdapat ‘tata krama’ untuk melepas (remove) kartu memori, dengan mengikuti petunjuk yang ada, maka program yang sedang berjalan di dalam hape tidak akan mengalami crash. Hape Symbian dan Android Gingerbread sudah dilengkapi tools untuk remove kartu memori, sedangkan pada BlackBerry dan Windows Mobile tidak dijumpai.

2.   Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Eksplorer), misalnya pada drive (D,E,F,G,H   atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, dan pilih menu ‘Format’.
 
3.   Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), pastikan Anda memilih  sistem format file FAT.
 
4.    Klik tombol ‘Format Now’ dan tunggu hingga selesai.
     Jika muncul pesan ‘error’ kemudian PC tidak bisa memformat lagi, gunakan cara lain yakni format lewat menu Command Line.

Format lewat Command Line
1. Di PC, klik Start --> Run, dan ketik CMD.
Jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.

2. Selanjutnya ketik FORMAT h: / FS:FAT
(h=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive g, maka tulis g)
 
3. Tunggu hingga selesai.
Jika masih muncul masalah pada kartu memori, silahkan gunakan memory card reader lain. Tetapi jika memang sudah tidak bisa diperbaiki kembali, terpaksa kartu memori tersebut harus ditukar dengan penjualnya, jika masih bergaransi. Perlu diingat, sebelum membeli kartu memori, perhatikan merek dan jaminan garansi yang diberikan.


Sumber : Tabloid HandPhone


Share |

◄ Kembali ◄            ◄ Kirim Ke Teman ◄            ◄ Cetak Print ◄

Add Your Comment With Facebook


house of script, chrisanz168@gmail.com Reply 
08/03/2012 09:03:01
3. Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC) Emang ada ya File system NTSC? NTFS kali mas NTSC tu Video CMIIW

Add Your Comment
Sign In / Log In
Alamat Email
Password
Verifikasi kode:
Pendaftaran | Lupa Password? 

Buyer's Guide

Merek Handset Harga Baru Harga Purna Jual
ZTE BOLT! Powerphone ZTE V9820Rp. 1.999.000,-0.00
Motorola Moto ERp. 1.299.000,-0.00
Samsung E1272 CaramelRp. 349.000,-Rp. 220.000,-
Asus Padfone S + DockingRp. 4.499.000,-0.00
Asus Padfone S SmartphoneRp. 3.499.000,-0.00
Banner Compare

Home   Review   News   Article   Corporaction   Store   Buyer's Guide   Tips   Directory   Print   Mailbox
Copyright © 2010 by selular.co.id, Informasi Handphone Terlengkap. All Rights Reserved